Masak Bareng: Martabak Manis

Saturday, January 30, 2010

Untuk pertama kalinya saya mengikuti event Masak Bareng ini. Pada event bulan ini yang bertema Panganan Kaki Lima saya memilih panganan manis yang biasa kami beli di pinggir jalan dekat rumah kami yaitu martabak manis. Panganan manis ini biasanya dijajakan di pinggir jalan ketika menjelang sore. Dijajakan dengan menggunakan gerobak.

Zaman dulu waktu saya masih kecil, varian martabak manis hanya coklat kacang dan ketan hitam saja. Sekarang varian rasa martabak manis sudah berbagai macam dan kami sekeluarga menyukai rasa keju kismis.

Membuat martabak manis sendiri sebenarnya lebih sehat karena bahannya bisa kita pilih yang terbaik dan gula bisa kita kurangi, tetapi memang perlu teknik dalam pemasakannya sehingga menghasilkan martabak yang berpori-pori. Untuk isian martabak kita juga dapat mengisinya dengan bahan isian yang kita punya dan senangi.

Pada martabak manis yang saya buat ini bahan kulitnya saya buat tidak terlalu manis karena kami tidak terlalu suka rasa manis yang legit (bahasa jawanya mah nyetak..). Rasa manis ini sudah kita dapatkan dari isiannya yaitu dari susu kental manis (SKM), meses dan kismis. Rasa sedikit asam terdapat dari kismis dan rasa gurihnya dari kacang dan keju.

Resep martabak ini saya dapat dari berbagai sumber yaitu buku resep hadiah berbagai peralatan masak. Saya comot resep-resep tersebut dan dimodifikasi sesuai selera kami sekeluarga dan akhirnya jadilah si martabak manis 4 rasa (keju, kismis, coklat, kacang). Selamat menikmati..

Bahan:
300 g terigu protein tinggi (saya pakai cakra)
1 sdm ragi instan
1/3 sdt atau sejumput kecil soda kue
1/3 sdt vanili bubuk
1 sdm susu bubuk
60 g gula pasir (bila suka manis bisa ditambahkan lagi)
300 ml air

Isian:
75 g kismis yang sudah dicincang (kebetulan kami suka kismisjadi ditambahkan yang banyak)
20 g keju cheddar parut
50 g kacang tanah sangrai yang sudah dicacah (saya pakai blender)
10 g meses
6 sdm susu kental manis

Cara membuat:
  1. Campurkan seluruh bahan lalu diaduk sambil ditepuk-tepuk hingga adonan menjadi licin atau tidak ada lagi gumpalan tepung pada adonan atau adonan dapat disaring agar licin.
  2. Diamkan adonan selama 45 sampai 60 menit, atau hingga adonan berbuih.
  3. Panaskan wajan teflon lalu olesi dengan margarin atau minyak.
  4. Masukkan adonan ke dalam wajan dan jangan ditutup dahulu sampai timbul lubang-lubang kecil pada adonan, baru adonan dapat ditutup.
  5. Masukkan semua bahan isian berturut-turut, kismis, keju, kacang, meses lalu susu kental manis.
  6. Tutup wajan, masak hingga matang.
  7. Sajikan dengan diiris menjadi dua lalu ditumpuk, lalu kulit luar martabak diolesi dengan margarin.

0 comments:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Newspaper II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP